BAB II
MENCIPTAKAN USAHA DAN USAHA
BARU
A.
Menciptakan usaha
1.
Berani modal awal seorang entrepreneur
a)
Berani
mimpi
Entrepreneur itu memang harus berani bermimpi,meskipun dalam masa
kisis ekonomi,jangan takut bermimpi.yakinlah,visi atau mimpi itu sama dengan
cetak biru (blue print)dari realita.artinya Sesutu yang bisa kita
wujudkan.
Entrepreneur yang memiliki visi atau mimpi,maka akan lebih dapat
menciptakan kekuatan positif dalam pikirannya.sehingga nantinya akan lebih
mampu meningkatkan kemampuan kerja dan kualitas hidupnya.
“hati-hatilah dengan angan anganmu,karena angan –anganmu itu akan
menjadi kenyataan”
Entrepreneur harus mempunyai” obor” artinya harus dapat menerangi
sekelilingnya.entre preneur dan visi besar adalah obor dari para
bawahannya.entrepreneur dengan visi besar akan dapat menciptakan lingkungan
kerja yang dinamis dan penuh inovasi.
Entrepreneur itu sosok yang”akrab dengan mimpi”apalagi bermimpi itu
gratis.tetapi,masalahnya belum tentu semua orang punya keberanian
bermimpi.sehingga tidak berlebihan kalau untuk beermimpi pun ,membutuhkan
sebuah keberanian.
b)
Berani
mencoba
Andai
kita berani mencoba,dan kita lebih tekun dan ulet,maka pasti kegagalan tak
pernah ada.bisnis modern akan berhenti berputar kalau sikap berani mencoba itu
lenyap memang banyak orang yang gagal dalam usahannya,putus asa tanpa berani
mencoba lagi .ini bukan –bukan saja merugikan aspek materi atau finansial
saja,tapi juga aspek psikologis.karena itu,skalipun krisis,tetaplah menjdi
entrepreneur dengan semangat kewirausahaan tingggi.
Sesungguhnya
tidak ada yang gagal dalam bisnis,yang ada karena mereka berhenti mencoba,lebih
tekun dan ulet,kegagalan takan pernah ada.
Beranilah
mencoba .sebab,tidak satu pun di dunia ini,termasuk di dalam dunia entrepreneur
yang dapat menggantikan keberaniaan mencoba dengan bakat bisnis.
Sebagus
apapun bakat seseorang tidak akan sukses tanpa mulai mencoba.kejeniusan
seseorang, bukanlah menjadi tolak ukur untuk sukses,kejeniusan terpendam sama
saja dengan omong kosong.
Pendidikan
terbaik?juga bukan jaminan,dunia ini sudah banyak di jumpai pengangguran
berijazah sarjana,dan ternyata sekali lagi,keberanian mencoba dan mencoba
itulah penentu kesuksesan bisnis kita.
c)
Berani
merantau(keluar dari zona nyaman)
Keberanian
merantau, membangun percaya diri dan kemandirian.
Banyak
entrepreneur yang sukses karena ia merantau, orang tegal sukses di Jakarta
dengan waartegnya.begitu juga orang-orang padang sukses karena ia jualan di
Jakarta,dan banyak juga orang –orang yang merantau dan kebanyakan menjadi
sukses.mayoritas seseorang yang sulit berubah karena mereka tidak mau keluar
dari zona nyaman yang saat ini sedang di rasakan.
Sinkatnya
merantau itu akan membuat jiwa kita” tahan banting”kalau usaha kita jatuh dan gagal,tidak terlalu
malu,toh itu terjadi di kota lain.berusaha di kota lain mengurangi beban
berat.jika ingin seorang entrepreneur yang hebat dan “tahan banting “ maka
merantaulah dan keluarlah andaa dari zona kenyamanan anda sekarang demi meraih
kesuksesan di masa mendatang.
d)
Berani
gagal
Hanya
orang yang berani gagal total,akan meraih keberhasilan total.
Pernyataan
john kennedy ini ada benarnya,salah satu dari kami membuktikannya,gagal
total.purdie E Chandra merasa bosan
dengan proses perkuliahannya akhir ia meninggalkan kampus dan gagal total
menjadi sarjana.
Dalam
kehidupan social memang kegagalan memang suatu kata yang tidak enak di
dengar,kegagalan bukan suatu yang di sukai,dan suatu kejadian dimana setiap
orang tidak menginginkannya,kita tidak bisa memungkiri diri kita, yang nyata
–nyata lebih suka melihat orang yang sukses dari pada melihat orang yang
gagal,bahkan kita tidak menyukai orang yang gagal.dan suatu kejadian yang
setiap orang tidak menginginkan.
Bila
anda seorang entrepreneur yang mengalami kegagalan dalam usaha ,maka jangan
harap orang akan memuji anda,orang sekitar anda dan relasi anda akan memahami
mengapa anda gagal . dan anda pun tidak di salahkan semua sahabat tetap berada di sekeliling anda.bahkan anda
akan mendapat dukungan moral dari orang lain.
Banyak
orang enggan menjadi entrepreneur karena mereka takut gagal.
Dengan
menulis hal hal yang di takuti orang,kami berharap anda dapat mengambil
keputusan yang lebih baik mengenai apakah anda di maksudkan untuk menjadi
entrepreneur.
Manusia
memang di rencang untuk belajar dengan membuat kesalahan.
Mengapa
gambaran seorang entrepreneur yang gagal ,kami gambarkan begitu buruknya?
Itulah
masyarakat kita kita cenderung memuji yang sukses dan menang,dan mudah
menghujat yang kalah dan gagal.sebaiknya,setiap kita mulai mengubah budaya itu
beri kesempatan kedua bagi setiap orang.
Dan
ketika orang mengalami kegagalan tidak ada gunanya murung dan memikirkan
kegagalanya. Tetapi mencari tau penyebabnya,kegagalan seharusnya untuk seorang
entrepreneur sejati tertantang untuk menemukan kekuatan -kekuatan baru agar
bisa meraih kesuksesan kembali,
Menurut
Richard” gere, kegagalan itu penting bagi karier siapapun”
Beberap
sebab orang itubgagal dalam bisnisnya:
Pertama,kita ini sering menilai
kemampuan diri kita terlalu rendah
Kedua,setiap bertindak kita sering terkontaminasi oleh mitos yng muncul
di masyarakat.
Ketiga,biasanya kita terlalu “melankolis”dan suka memvonis diri terlebih
dahulu ,bahwa kita di lahirkan dengan nasib yang buruk.
Ke
emmpat,kita cenderung masih memiliki sukap tidak mau tau dari mana kita harus mulai
kembali suatu usaha setelah gagal. Dengan mengetahui sebabkegagalan
itu,tentunya akan membuat kita yakin untuk bisa mengatasinya.
Seorang
entrepreneur janganlah menghitung berapa kali dia jatuh akan tetapi hitunglah
berapa kali dia bangkit kembali.
e)
Berani
sukses
Seberapa
besar rezeki yang kita inginkan ,itu sama dengan seberapa besar kita berani
mengambil resiko.
Hanya
segelintir ntrepreneur yang dapat mencapai tangga sukses ter atas tanpa
perjuangan dan pengorbanan .resepnya, antara lain, kalau melakukan kesalahan
mereka melupakannya.
Dan
terus bekerja,hingga akhirnya mencapai kesuksesan.
Entrepreneur
adalah pribadi yang selalu harus berfikiran sukses dan berani mengembangkan
kepercayaan diri.
Untuk
sebuah kesuksesan ,di butuhkan keberanian secara terus menerus untuk
mempelajari kemunduran bisnis kita menuju kesuksesan dalam bisnis ,sangat wajar
kalau kita belajar dari pesaing kita ,namun yang penting , bagaimana kita harus
menghindari kesalahan-kesalahan yang di lakukan oleh pesaing kita itu.dan harus
selalu siap menghadapi perubahan perubahan yang selalu ada dalam kehidupan
bisnis.
Keberanian
menyatakan sukses,akan membangkitkan kepercayaan diri ,kepercayaan diri besar
itu akan membangkitkan semangat untuk meraik kesuksesan .dan tetap yakin
,betapa pun sibuknya entrepreneur-entrepreneur yang sukses ,ia akan tetap siap
membantu teman-temn yang memerlukannya.dan mereka semakin percaya pada tuhan
sebagai sesuatu kekuatan besar.
f)
Berani
berbeda
Munculkanlah
keberanian berpetualang di area baru
,kendati untuk itu kita harus membayar harga orang yang menertawakan ,mengejek
dan mengritik kita.
Mengapa
orang menertawakan kita? Atau lebih enteng dari itu , mengapa orang meremehkan
kita ? karena kita berbeda.tapi,apa salahnya jika kita berbeda?kenyataannya
Menjadi
berbeda terjadi sejak kita lahir ,setiap individu di dunia ini semua
berbeda,tak ada seorangpun yang 100%
sama dengan yang lainnya.sidik jarilah yag membuat kita semua nya berbeda.
Bila
kita benar –benar ingin berhasil dalam hidup ini ,munculkanlah bakat ini dari
dalam diri biarkan ia bersinar begitu terang ,orisinalitas gagasan ,dimana anda
menampakan”sesuatu yang baru terang “akan membuat keberadaan itu ,memberi nilai
lebih bagi pribadi anda.
Lebih
baik kita berani berbeda,dan perbedaan kita dari yang lain ,adalah wujud
ketekunan kita menjadi lebih baik.seorang diri menjadi lebih baik ,di antara
banyak orang yang berpikiran nyaris sama tentang suatu hal ,lalu keberadaan
anda ,di terima banyak orang dan di terima dunia .luar biasa bukan,gunakanlah
energi anda menghasilkan yang bertenaga
.perbedaan yang bernilai.
Menuerut
john naisbit”pengusaha swasta memainkan pean lebih besar dalam ekonomi dunia
,pengusaha kecil telah merampas multi miliaran dolar daribisnis besar.
2.
Manfaatkanlah kepintaran orang lain
Menurut R.H .GRAND “ketika anda
memperkerjakan orang yang lebih pintar dari pada anda,maka anda membuktikan
bahwa anda lebih pintar dari mereka”
Satu
hal yang harus yang harus di ingat ,jangan tergantung pada daftar riwayat hidup
dalam memperkerjakan orang .sebab semua itu dapat di buat dan di tata
sedemikian menarik
Padahal
sesungguhnya tidak mencerminkan realita yang ada ,penilaian justru di dasarkan
pada naluri atau insting dasar yang anda miliki .carilah orang yang anda yakin;
a.
Mampu
mengendlikan bisnis
b.
Menunjukan
antusiasme
c.
Mampu
memberlakukan staf dengan baik.
Milikilah orang yang mempunyi komoitmen yang tinggi dan mampu
mengembankan bakat nya,ini merupakan satu inti,pastikan anda memperkerjakan
orang yang tepat,tempat yang tepat ,waktu yang tepat.bisnis berhasil karena
konsep dasarnya bagus ,juga naluri usahawan terhadap suatu women.
1.
Gaya
menejemen
Gaya
menejemennya berdasarkan akal sehat dan pertumbuhannya berasal dari momentum
alamiah dan intuisi.
Jika
bekerja dengan orang yang sangat cemerlang di bidangnya dan memiliki beragam
bakat dan latar belakang.anda akanmengembangkan sebuah tim dengan kekuatan
dengan kelenturan yang baik.saat penting untuk mengenali bakat sejati dan
mengembangkannya.
Memakai
otak orang lain adalah benar-benar suatu kesenangan jik anda suka permainan
dalam tim .bekerja dengan orang yang anda tidak sukai nsecara aktif ,di sisi
lain bisa menjadi
Pengalaman
yang membuat anda stress ,walaupun mereka sangat cakap dalam pekerjaannya .
2.
Uang
orang
Menurut
purdie E Chandra”jika orang bingung ketika bisnis karena tak punya
modal,gunakan resep bodol yaitu:berani ,optimis ,duit,orang lain.dalam bisnis
di perlukan keberanian dan rasa optimis.jika tidak punya uang tidak ada
salahnya pinjam duit orang lain.pasti ada yang mau membiayai jika bisnisnya
prospektif”
3.
Ide
orang lain
Dalam
bisnis mengambil ide orang lain biasa di sebut”best practice sharing”atau
“benchmarking”.para pembisnis selalu melakukannya meniru dari yang terbaik dari yang di lakukan
oleh orang lain ,namun berusaha untuk melakukannya lebih baik lagi.
4.
Bisnis
orang lain
Menurut
R.H GRAND ,ketika anda memperkerakan orang lain yang lebih pintar dari pada
anda maka anda membuktikan bahwa anda lebih pintar dari pada mereka .
5.
tenaga
orang lain
jika punya uang dan tidk ahli dalam bidang bisnis gunakan jurus
botol:tukas purdi,berani ,optimis, tenaga orang lain,jika punya modal kenapa
tidak serahkan kepada yang ahli di bidangnya,sehingga bisnis tetap
berjalan.pendeknya kita tidak harus menggunakan tenaga sendiri untuk
menjalankan bisnis .
6.
Meriset
pasar adalah salah satu yang harus di
lakukan dalam memulai suatu usaha ,karena ketika kita meriset suatu pasar
tentunya kita ankan tahu bgai mana keadaan dan apa peluang yang ada .
7.
Menentukan
product,setelah kita meriset pasar kita tentukan product yang akan kita jual
jangan sapai produk yang di jual tidak sama dengan produk yang sama pada saat
survey, kesalan ini akan fatal apa bila
tidak teliti.
B.
Strategi menangkap peluang usaha
Membuka
usaha atau menjadi wirausaha adalah sesuatu yang sangat beresiko dan penuh ketidak pastian namun di balik itu
ada potensi yang di janjikan bila usaha tersebut berhasil
Menurut
rambat lupiyoadi(2007)teknik-teknik yang dapat yang bisa di gunakan untuk
meraih usaha.
1.
Mendesain
ulang produk atau jasa
2.
Mendefinisikan
produk atau jasa
3.
Segmentasi
ulang pasar
4.
Membuat
konvigurasi pasar yang baru
5.
Membangun
trobosan dalam kompetisi
C.
Rancangan usaha baru
1.
Pengertian
rancangan usaha
Rancangan
usaha merupakan dokumen tertulis yang di susun oleh calon wirausahawan yang
memuat seluruh aspek yang berkitan dengan aktivitas yang di rencanakan dalam
merintis dan menjalankan gagasan kegiatan ataupun perusahaan.
2.
Fungsi
dan manfaat rancangan usaha
Penyusunan
rancangan usaha di maksudkan untuk menentukan sendiri tingkat kelayakan gagasan
kegiatan /perusahaan yang di rancang dengan maksud menghindari adanya investasi
yang tidak menguntungkan.
Ada beberapa manfaat dari rancangan usaha yaitu:
a.
Wadah
untuk menampung rancangan usaha.
b.
Alat
control segala kegiatan yang (akan) di laksanakan ketika gagasan di
implemntasikan.
c.
Menyampaikan
kepada pihak lain maksud dan tujuan rancangan usaha.
d.
Memperoleh
perhatian dan keterlibatan pihak lain untuk membantu ,terutama dalam mewujudkan
menjadi perusahaan yang nyata.
3.
Unsur
unsur rancangan usaha
Manfaat
yang di peroleh dari penyusunan rancangan usaha agar dapat mengidentifikasi
terhadap pihak pihak yang akan membacanya yaitu ;investor,perbankkan pelanggan
,konsultan,pemerintah,dan pihak lain yang terkait.rancangan usaha harus di
susun sedemikian rupa sehingga dapat menberikan manfaat,terutama dalam gagasan
merintis berdirinya perusahaan .
Untuk
itu sebuah rancangan usaha harus memenuhi unsur- unsur berikut:
a.
Rencana
yaitu rancangan usaha harus membuat
sesuatu rencana berikut ,maksud,dan tujuan dari rencana tersebut.
b.
Usulan
rancangan usaha harus di usulkan kepada pihak lain untuk di ketahui dan di
pertimbangkan oleh pihak lain.
c.
Sistematis,yaitu
hal hal yang di muat dalam rancangan usaha harus mulai di susun mulai dari
sifatnya makro sampai pada yang bersifat mikro
atau yang bersifat umum sampai yang bersifat khusus /spesifik.
d.
Tentatife
yaitu isi dari rancangan usaha masih dapat di ubah sebelum memperoleh
persetujuan dari penerima atau pembaca rancangan usaha.
4.
Format
rancangan usaha
Sebuah
rancangan usaha harus di susun dengan baik,untuk memudahkan dalam penyusunan
perlu adanya format data tata aturan yang jelas bagi penyusunnya.
Berikut
ini adalah penyajian format data yang dapat di gunakan dalam penyusunan
rancangan usaha dalam pembelajaran.
a.
Halaman
judul
b.
Halaman
pengesahan
c.
Kata
pengantar
d.
Daftar
isi
e.
Daftar
table
f.
Daftar
gambar
g.
Daftar
lampiran
h.
Ringkasan
eksekutif(memuat ringkasan rancangan usaha dari lima aspek yang di rancang ,di
ketik satu spasi maksimal 5 halaman kertas A4.
i.
Prolog,(memuat
hal hal yang melatar belakangi pemilihan gagasan usaha /produk serta latar
depan (atau tujuan)penyusunan rancangan usaha.
j.
Aspek
–aspek rancangan dan uraian produk (memuat gambaran umum produk dari aspek
substansi produk ,tampilan produk siap jual,dan funsi produk)aspek –aspek
tersebut adalah sebagai berikut:
1.
Aspek pemasaran
a.
Sasaran
pemasaran meliputi;
1.
Daerah
pemasaran (lokasi pasar,jenis,dan jumlah pelanggan serta pesaing di lokasi
pasar)
2.
Situasi
pasar(segmentasi pasar,target pasar,dan posisi pasar di bandingkan dengan
pesaing yang berada di daerah pasar).
3.
Proyeksi
permintaan(jumlah permintaan dalam setiap priode,/siklus untuk setiap jenis
pelanggan dan proyeksi peningkatannya dalam setiap priode /siklus.
4.
Strategi
dan tekhnik pemasaran (uraian masing-masing bauran pemasaran berdasarkan
spesifikasi usaha /produk dan keunggulan serta kelemahannya di bandingkan
dengan bauran pemasaran usaha lain,)meliputi;
a.
Produk
b.
Harga
c.
Distribusi
d.
Promosi
2.
Aspek produksi
a.
Pengadaan
barang(menyangkut jenis,volume,harga,sumber{daerah}pasokan bahan proses
pengadaan bahan serta proyeksi peningkatannya dalam setia priode/siklus
produksi.
b.
Kebutuhan
sumber daya produksi(uraian mengenai sumber dya produks imeliputi
bangunan,peralatan/mesin dan tenaga kerja yang di butuhkan untuk melaksanakan
aktivitas produksi;berkaitan dengan jumlah ,kualitas ,serta proses
pengadaannya).
c.
Proses
produksi(prosesproduksi masing-masing jenis produkyang di sertai dengan bagan
proses produksi).
d.
Perkiraan
jumlah produksi(jumlah produksi yang akan di hasilkan dan di tawarkan dalam
setiap priode,/siklus untuk setiap jenis produkdan proyeksi peningkatannya
dal;am setiap priode /siklus.
e.
Penganggaran
produksi(uraian berdasarkan rncana biaya produksi yang di alokasikan untuk
investasidan biaya untuk oprasional produksi dalam satu priode?siklus seta
peoyeksi peningkatannya sejalan dengan peningkatn produksi untuk memenuhi
kebutuhan pasar.
3.
Aspek organisasi dan menejemen
a.
Organisasi
b.
Menejemen
c.
Penganggaran
organisasi dan menejemen
4.
Aspek pengendalian lingkungan
a.
Limbah
b.
Dampak
biofisik
c.
Dampak
social budaya
d.
Penganggaran
pengendalian dampak lingkungan
5.
Aspek keuangan /modal
a.
Kebutuhan
modal awal
b.
Proyeksi
neraca
c.
Proyeksi
rugi laba
d.
Proyeksi
arus kas
e.
Analisis
rasio keuangan
6.
Menganalisis peluang usaha
a.
Pelayanan
prima
b.
Konsep
attitude
c.
Konsep
attention(perhatian)
d.
Konsep
action
7.
Promosi
a.
Tujuan
promosi
b.
Sasaran
promosi
c.
Merencanakan
bentuk promosi
8.
Teknik menjual
a.
Tahapan-Tahapan
teori AIDAS
b.
Ketrampilan
menjual
c.
Ilmu
menjual
9.
Kepuasan pelanggan
a.
Prinsip
–prinsip kepuasan pelanggan
b.
Faktor-faktor
yang mempengaruhi pelanggan.
Bab III
Kesimpulan
Menciptakan usaha dan usaha baru adalah suatu impian yang besar dari para calon
entrepreneur akan tetapi perlu di ingat dalam menciptakan suatu usaha ada harga
yang harus di bayar,diantaranya harus berani
mimpi,mencoba,merantau,gagal,sukses ,berdeda.
Menyusun strategi yang jitu adalah bagian yang sangat penting dalam
membangun dan menciptakan usaha baru ,meriset pasar salah satunya ,alloh
membuka sepuluh pintu rezeki dan Sembilan dari pintu tersebut adalah pintunya
para entrepreneur, jangan lupa dalam
setiap pekerjaan libatkan alloh SWT karena tanpa mengingat alloh hasil yang di
raih kurang berkah(manfaat)
Daftar pustaka
Valentine dinsi ,satu keluarga satu pengusaha. Lets go indonesia foundation
2014
Dr.H.A. rusdiana ,Drs,M,M ,kewirausahaan teori dan praktek,cv
pustaka setia bandung 2013
Dr H saban echdar,SE,MSi menejemen entrepreneurship cv andi
offset Yogyakarta 2013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar